Sekretariat

Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan dan melaksanaan sebagian fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di bidang kesekretariatan yang meliputi Urusan Umum dan Kepegawaian, Keuangan, Aset dan Penyusunan Program. Sekretaris menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Pengoordinasian kegiatan;
  2. Pengoordinasian dan penyusunan rencana program Kegiatan;
  3. Pengoordinasian dan penyusunan rencana Keuangan;
  4. Pengumpulan dan pengolahan data serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan;
  5. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hukum, organisasi, hubungan masyarakat, kearsipan, dan dokumentasi;
  6. Penyelengaraan pengelolaan barang milik negara dan pelayanan pengadaan barang/jasa; dan
  7. Pelaksanaan fungsi lainnya yang diberikan oleh Pimpinan.

Sekretariat terdiri atas :

  • Sub Bagian Keuangan dan Aset

Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas membantu pimpinan dalam rangka penyusunan anggaran, urusan tata usaha, kepegawaian, rumah tangga, tata kelola aset daerah, tata persuratan dan kearsipan serta pengelolaan urusan keuangan di Lingkungan Dinas. Kepala Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

    1. Melaksanakan urusan tata laksana keuangan;
    2. Melaksanakan urusan perbendaharaan dan gaji;
    3. Melaksanakan urusan verifikasi dan akuntansi;
    4. Melaksanakan urusan pelaporan keuangan;
    5. Mengelola dan menginventarisasi barang milik negara yang ada;
    6. Menyiapkan bahan penyusunan laporan kinerja;
    7. Menyiapkan bahan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN);
    8. Mengkoordinasikan penyiapan bahan Reformasi Birokrasi dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP);
    9. Menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan rencana program dan anggaran;
    10. Menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan rencana strategis;
    11. Mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data anggaran kegiatan; Melaksanakan penilaian kinerja pegawai Subbagian Keuangan dan Aset sesuai tugas dan kewenangannya;
    12. Melaporkan pelaksanaan tugas Sub bagian Keuangan dan Aset kepada Sekretaris; dan
    13. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas membantu pimpinan dalam rangka urusan tata usaha, kepegawaian, rumah tangga, tata persuratan dan kearsipan Dinas. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

    1. Menyiapkan dan melaksanakan urusan tata usaha;
    2. Menyiapkan dan melaksanakan urusan kepegawaian;
    3. Menyiapkan dan melaksanakan urusan rumah tangga;
    4. Menyiapkan dan melaksanakan urusan tata persuratan dan kearsipan;
    5. Menyiapkan dan melaksanakan urusan kehumasan;
    6. Menyiapkan bahan penyusunan laporan kinerja;
    7. Menyiapkan bahan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN);
    8. Mengkoordinasikan penyiapan bahan Reformasi Birokrasi dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP);
    9. Melaksanakan penilaian kinerja pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian sesuai tugas dan kewenangannya;
    10. Melaporkan pelaksanaan tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian kepada Sekretaris; dan
    11. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.